Kabar Al Hawthah Al Jindaniyah

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-74

  • 17 Aug, 2019
  • 279
Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-74

Hari ini, 17 Agustus 2019, seluruh elemen bangsa memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Tak terkecuali, para santri di pondok pesantrean Alhawthah Aljindaniyah, Tajur Halang-Bogor. Selayaknya upacara pengibaran bendera merah putih di berbagai tempat, upacara peringatan hari kemerdekaan di pondok pesantren Alhawthah Aljindaniyah berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat. Meskipun hanya diikuti oleh sepuluh orang saja, prosesi berjalan sesuai standar protokoler upacara bendera di Republik Indonesia. Tampil sebagai pembina upacara adalah Ustad Umar Faruq, 3 orang santri menjadi pengibar bendera, satu orang santri menjadi pemimpin upacara, dan sisanya menjadi barisan peserta upacara. Tiang bendera dibuat dari bambu panjang, tetap kokoh menjulang, bendera merah putih gagah berkibar diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pembina upacara menyampaikan pesan bahwa hakikat kemerdekaan adalah merdeka dari hawa nafsu, rasa malas, dan bisikan syaitan. Sebagai santri, penerus estafet perjuangan para pahlawan bangsa, selayaknya santri pondok pesantren Alhawthah Aljindaniyah berusaha untuk memerdekakan diri dari hal tersebut. Selanjutnya Pembina upacara membacakan teks pancasila dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Sebuah teks sakral bagi bangsa Indonesia, yang patut difahami oleh seluruh santri sebagai landasan bernegara dan juga berdakwah. Pancasila adalah sebuah berkah yang masing-masing silanya sejalan dengan nilai-nilai Islam. Pancasila adalah falsafah mutlak yang perlu dijaga. Sebelum upacara berakhir, seluruh peserta menyanyikan lagu nasional 17 agustus, sorak-sorak, yahlal wathon. Sebuah upacara yang sederhana namun tak kurang makna.

Perayaan hari kemerdekaan dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan yang menjadi tradisi masyarakat. Lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba kelereng, dan lomba memancing, diikuti para santri dengan gembira sebagai satu keluarga. Hari ini adalah 17 agustus pertama di pondok Alhawthah Aljindaniyah dan tradisi ini akan senantiasa berlanjut di 17 Agustus tahun-tahun selanjutnya. Alhawthah Aljindaniyah, pilar dakwah dan pilar bangsa.


Tag:
Share on:

Komentar

Belum Ada Komentar...

Beri Komentar Disini